Tempat yang Paling Di senangi Oleh Jin dan Setan


Terkadang Kita sempat Berfikir kanapa dari sekian banyak tempat hanya ada beberapa tempat yang dihuni oleh makluk halus. makluk halus atau yang biasa kita sebut setan(jin) juga mempunyai tempat faforit tersendiri bagi mereka. berikut beberapa tempat yang paling disukai oleh kaum jin tersebut.

1. Tempat sampah dan kotoran.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah menyebutkan dalam “Majmu Fatawa” (19/41) :“(Para Setan) ditemukan di tempat-tempat bernajis seperti kamar mandi dan WC, tempat sampah, kotoran serta pekuburan.“


2. Lembah-lembah.


Sesungguhnya jin dan setan ditemukan di lembah-lembah dan tidak ditemukan di pegunungan. Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah dalam “Majmu Fatawa” (19/33) : “Lembah-lembah adalah tempatnya kaum jin karena sesungguhnya mereka lebih banyak ditemukan di lembah-lembah daripada di dataran tinggi.“


3. Lautan.


Dalam hadits Jabir radiyallohu ‘anhu berkata : Bersabda Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wasallam :
“Sesungguhnya Iblis meletakkan singgasananya di atas lautan dalam riwayat lain di atas air an kemudian dia pun mengutus pasukannya. (HR. Muslim: 2813).

Dan juga datang dari hadits Abu Musa radiyallahu ‘anhu yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dan yang lainnya dan hadits ini shahih. Sebagian ulama menyebutkan bahwa lautan yang dimaksud adalah samudera “Al Haadi” karena di sanalah tempat berkumpulnya semua benua.


4. Rumah-rumah yang di dalamnya dilakukan kemaksiatan

Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wasalla, bersabda :“Sesungguhnya malaikat tidak masuk ke dalam rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar.” (HR. Al Bukhari: 3226 dan Muslim : 2106 dari hadits Abu Thalhah dan Aisyah Radhiyallahu ‘anhuma dan datang pula dari para sahabat yang lain).

Jika malaikat tidak masuk ke dalam rumah, maka setanlah yang masuk adalah syaitan karena malaikat adalah tentara-tentara Allah Subhaanahu wata’ala yang diutus untuk menjaga kaum mukminin dan menolak kemudharatan dari mereka. Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wasallam, bersabda :
“Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian sebagai pekuburan karena sesungguhnya setan itu lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan Surat Al Baqarah.” (HR. Muslim (780), Ahmad (2/337), Tirmidzi (2877) dan selainnya). 

5. Tempat-tempat kesyirikan, bid’ah dan kemaksiatan

Para setan ditemukan di setiap tempat yang di dalamnya manusia melakukan kesyirikan, bid’ah dan kemaksiatan (misalnya candi-candi, makam keramat, pohon atau lokasi yang dikeramatkan, rumah yang penghuninya membebaskan minuman keras atau rokok atau zina, rumah yang dipenuhi patung dan gambar-gambar makhluk hidup, rumah pelacuran, bar atau restoran yang menyajikan minuman keras, dll, red). Tidaklah dilakukan kebid’ahan dan penyembahan kepada selain Allah Subhaanahu wat’ala, kecuali setan memiliki andil yang cukup besar di dalamnya dan terhadap para pelakunya.

6. Pasar-pasar atau pusat perbelanjaan

Telah datang dari Salman radiyallohu ‘anhu, yang diriwayatkan oleh Imam Muslim (2451) dan selainnya berkata :

“Janganlah engkau menjadi orang pertama yang masuk pasar jika engkau mampu dan jangan pula menjadi orang paling terakhir yang keluar darinya pasar karena pasar itu adalah tempat peperangan para setan dan di sanalah ditancapkan benderanya.”

Oleh karena itu, pasar (pasar tradisional, pusat perbelanjaan, mall, supermarket, dll, red) merupakan tempat yang dibenci oleh Allah Subhaanahu wata’ala (dalam arti tidak dilarang mengunjungi pasar apabila ada keperluan, dan tidak baik menjadikan pasar atau mall sebagai tempat berkumpul tanpa keperluan mendesak, red). Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda:“Tempat yang paling disukai oleh Allah adalah masjid dan tempat yang paling dibenci oleh Allah adalah pasar.”

sebenarnya masih banyak sekali tempat tempat lainnya dan itu semua tergantung dari kepercayaan masing masing, kita sebagai manusia hanya bisa berdoa kepadaNya agar dijauhkan dari para setan(jin). 

4 Responses to "Tempat yang Paling Di senangi Oleh Jin dan Setan"

  1. ternyata banyak banget tempat yg disegani setan yah gan :(

    ReplyDelete
  2. ternyata banyak juga tempat2 yang gak kita sadari banyak trdapat jin dan syetan :) bisa untuk pelajarn juga nih :)

    ReplyDelete
  3. klo udah tau kaya gini pasti gak bakalan nyamperin

    ReplyDelete

wdcfawqafwef