Bukan Hanya Sekedar 'Menghijaukan' Saja, Berkebun Juga Punya Banyak Manfaat Kok


Semut Ganteng -  Hobi berkebun memang biasanya dilakukan oleh kaum perempuan. Walau begitu, tak jarang kok laki-laki juga suka hobi berkebun. Selain bikin rumah jadi terlihat asri dan indah, ternyata hobi berkebun juga memiliki banyak manfaat lho. Apa saja? Check this out.

1. Olahraga Ringan

Walaupun terkesan sepele, tetapi berkebun membutuhkan banyak tenaga lho.Dari memotong rumput, menggali tanah, menyiram, dan masih banyak lagi yang bisa menghabiskan banyak kalori. Jadi, kalau kamu malas olahraga tetapi halaman rumah kamu terbengkalai banyak rumputnya, ya udah berkebun aja. Hehe

2. Ajang Melepas Stress

Berkebun bisa jadi ajang untuk melepas stress. Jika kamu lagi ada masalah di kantor atau lagi kesal sama pacar, daripada bingung mikirin cara buat lepas emosi lebih baik berkebun. Kamu bisa memanfaatkan halaman rumah kamu dan menanam tanaman yang disuka. Seperti, bunga mawar, melati, atau pohon mangga. Menanam tanaman itu sebenarnya menyenangkan lho, apalagi kalau melihat tanaman yang kita tanam sudah berbuah atau berbunga. Ahh, bangga rasanya.

3.Membuatmu Lebih Kreatif

Aktivitas berkebun sama halnya melakukan aktivitas seni lainnya. Berkebun bukan hanya asal menanam saja, tapi ada kreatifitasnya. Ga mungkin kan kamu menanam tanaman cabai di kebun bunga mawar atau menanam bunga melati di kebun singkong. Aneh dan juga jadinya ga cantik. Karena itu berkebun bisa jadi pilihan buat kamu dalam mengasah kreatifitas.

4.Kamupun akan Merasa Bahagia

Orang yang sering melakukan aktivitas diluar ruangan tentu lebih bahagia ketimbang yang beraktivitas di dalam ruangan. Menyentuh tanah, menghirup wangi bunga, merasakan sejuknya angin yang sepoi-sepoi bisa membuat kamu rileks dan merangsang tubuh untuk memproduksi hormon bahagia.

5.Menghemat Pengeluaran

“Mau masak sayur bayam, tinggal ambil saja di kebun”

“Mau makan buah mangga, ya udah gih tinggal petik”


Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berkebun adalah bisa menghemat biaya pengeluaran kamu. Sayuran, buah sekarang bisa kok ditanam di halaman rumah. Halaman rumah kamu sempit? Eitss tenang aja. Dijaman sekarang banyak metode baru dalam berkebun.

Metode Tabulampot atau metode menanam pohon buah di dalam pot. Lalu ada metode hidroponik atau metode bercocok tanam tanpa menggunakan tanah tetapi menggunakan air sebagai media tanam. Untuk menggunakan metode ini, kamu bisa menggunakan botol bekas sebagai wadahnya. Selain itu ada metode vertikultur atau metode yang memanfaatkan bidang vertical sebagai tempat bercocok tanam yang dilakukan secara bertingkat. Kamu bisa memanfaatkan tembok rumah atau bahkan pipa paralon yang sudah tidak terpakai lagi. Dan terakhir ada metode aeroponik atau metode bercocok tanam yang memanfaatkan udara sebagai media tanam utama dengan akar yang hanya menggantung di udara.

6.Mencegah Rasa Malas

Berkebun membuatmu bergerak lebih aktif dan juga berkebun membutuhkan banyak waktu. Saat memiliki waktu senggang, jangan biarkan diri bermalas-malasan. Sempatkan diri untuk menengok keadaan halaman. Apakah rumputnya sudah banyak dan meninggi atau banyak daun yang rontok. Kegiatan berkebun akan membuat kamu lebih produktif dan terhindar dari rasa malas.

Jadi, berkebun tuh bukan hanya membuat halaman menjadi hijau saja tetapi juga ada banyak manfaat termasuk untuk kesehatan.  Cobalah untuk menjadikan berkebun sebagai hobi kamu dan rasakan manfaatnya.  Selamat berkebun.

2 Responses to "Bukan Hanya Sekedar 'Menghijaukan' Saja, Berkebun Juga Punya Banyak Manfaat Kok"

  1. ane paling suka tuh kalo berkebun,, apalagi kalo berkebunnya nanem buah,, pasti semangat jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sama ane juga, btw thanks atas kunjungannya

      Delete

wdcfawqafwef